Bus Sumber Alam

Pengalaman Pesan Tiket Bus Sumber Alam Secara Online

Posted by

Perkembangan zaman membuat banyak PO bus harus selalu memperbaiki pelayanannya, dimulai dari hal paling pertama, yaitu tiket. Dalam dunia perbis-an, kalau diperhatikan sepertinya belum banyak PO bus yang menerapkan booking tiket secara online, melainkan masih menggunakan cara tradisional yaitu dengan memesan tiket secara langsung via agen terdekat, sehingga terkadang kita tidak bisa memilih kursi dan hanya mendapat kursi sisa saja.

Hari Sabtu kemarin, 3 Oktober 2020 saya beserta keluarga kembali dari kampung halaman Kebumen menuju planet Bekasi. Sebelum hari H tersebut, saya mendapatkan informasi dari Instagram salah satu PO bus asal Kutoarjo, yaitu Sumber Alam, bahwa ada peluncuran website khusus untuk pemesanan tiket secara online.

Daripada penasaran, dan kebetulan mau kembali ke Bekasi juga saat itu, yasudah sekalian saya coba untuk melakukan pemesanan tiket Sumber Alam secara online tersebut. Adapun untuk website pemesanan tiket nya bisa diakses ke alamat berikut https://sumberalam.id, tampilannya seperti berikut, bisa memilih lokasi keberangkatan, tujuan, tanggal keberangkatan serta jumlah pemesanan kursi

Website Sumber Alam

Jadwal keberangkatan bus Sumber Alam ini ada 2 jadwal, yaitu keberangkatan pagi dan malam. Untuk keberangkatan pagi biasanya di jam 9 atau 10, untuk keberangkatan malam biasanya di jam 17 sampai jam 20.

Untuk pemesanan via website ini kita juga bisa bebas memilih sendiri kursi yang tersedia lohh, jadi tidak perlu khawatir mendapat kursi yang tidak kita inginkan, kecuali memang hanya tinggal kursi sisa, mau gimana lagi, berarti kesalahan ada pada diri anda yang telat memesan kursi :-p

Pilih Kursi

Disini saya pilih kursi nomor 3, 4, 7, 8, supaya dapat dengan jelas melihat pemandangan dan jalanan kedepan, karena saya menyukai pemandangan jalur selatan. Ditambah jika mendapat bus single glass, non topi, pandangan kedepan full, loss doll tanpa halangan. Untuk pemilihan kursi ini jangan khawatir bentrok dengan yang memesan via aplikasi lain, atau pesan langsung via agen, karena menurut info dari PO nya, pemesanan tiket ini sudah online dan terintegrasi ke semua agen yang ada. Kemudian untuk nama penumpang saya isi dengan nama saya semua karena ada semacam reward jika mengumpulkan tiket bus Sumber Alam sebanyak 10 tiket atas nama yang sama, maka akan mendapat 1 buah tiket gratis.

Baca Juga : Pengalaman Pertama Naik Bus Agra Mas Double Decker

Selama masa pandemi covid ini, Sumber Alam hanya menerapkan 1 kelas saja, yaitu AC Toilet dengan 2 skema harga (khusus pandemi), 250 ribu untuk sosial distancing seat (2 kursi untuk 1 orang, baris kiri), 200 ribu untuk normal seat (2 kursi untuk 2 orang, baris kanan). Saat ini juga tiket bus Sumber Alam sudah include voucher makan di rumah makan yang bekerja sama dengan Sumber Alam, jadi lumayan tidak perlu mengeluarkan uang lagi untuk beli makan

Adapun untuk metode pembayarannya ada beberapa pilihan sebagai berikut

Metode Pembayaran

Dari pilihan pembayaran diatas, saya biasa menggunakan Scan QR Code dengan aplikasi Jenius, dan pembayaran pun otomatis terkonfirmasi dan completed. Selanjutnya akan mendapat informasi kode booking. Berikut tampilannya

Kode Booking

Silakan tukar kode booking diatas agar menjadi tiket di agen keberangkatan pada tanggal dan jam keberangkatan. Kalau pada kereta api, penukaran ini semacam check in. Jadi kita tidak perlu repot-repot lagi datang ke agen hanya untuk memesan tiket saja, karena sistem saat ini sudah online. Datang ke agen hanya saat tanggal dan jam keberangkatan saja.

Pada kode booking tersebut juga tertera jam keberangkatan dan sampai, tapi itu hanya estimasi saja, karena waktu pengalaman saya kemarin, perjalanan cukup cepat, bus berangkat dari terminal Kebumen sekitar pukul 18.00, sampai Pondok Ungu sekitar pukul 03.00 pagi, itu sudah termasuk berhenti di rumah makan 30 menit sebanyak 2 kali. Tetapi kalau pas lebaran, jangan harap bisa sampai secepat itu ya, sepengalaman saya, bisa sampai 12 jam lebih.

Jadi untuk teman-teman yang ingin mudik tujuan Purwokerto, Gombong, Kebumen, hingga Yogyakarta via Selatan, bisa menggunakan bus Sumber Alam ini, tiket pun selain bisa dibeli via agen langsung, bisa dibeli juga via Traveloka, RedBus, Website resmi dan WhatsApp Sumber Alam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.