Cara Menggunakan getText dan setText pada Pemrograman Java GUI

Posted by

Dalam pemrograman Java, kita dimudahkan dengan adanya tampilan GUI. Jadi dengan Java GUI kita bisa membuat tampilan form dengan mudah, dengan tinggal drag and drop ke dalam frame Java. Namun hal tersebut hanya sebatas tampilan saja, untuk menjalankan fungsinya tetap dibutuhkan kodingan Java didalamnya. Misal kita buat form inputan untuk menghitung luas segitiga, maka dibutuhkan yang namanya getText untuk mengambil data yang kita input pada field yang ada di form, kemudian untuk menampilkan hasilnya pada field lain kita membutuhkan setText. Bagaimana cara membuatnya?

1. Silakan buka aplikasi Netbeans, buat sebuah JFrame Form baru, misal namanya HitungSegitiga

2. Pada frame tersebut, buat form seperti berikut ini, disini saya menggunakan jLabel, jTextField dan jButton

3. Pada masing-masing jTextField, silakan ubah nama variable nya supaya memudahkan dalam hal getText dan setText nantinya. Caranya bisa klik kanan di salah satu jTextField misal di jTextField untuk panjang alas, kemudian klik Change Variable Name

4. Lakukan hal yang sama di jTextField lainnya, misal untuk tinggi saya ubah variable name nya menjadi fieldTinggi, dan variable pada jTextField hasil menjadi fieldHasil. Untuk JButton juga silakan ubah variabel name supaya membedakan antara Button Hitung dan Hapus.

5. Kemudian dari keseluruhan tampilan form tersebut, tentukan sebuah tombol sebagai trigger untuk menjalankan getText dan setText, maka nya diatas saya ada masukkan jButton Hitung, silakan klik 2 kali pada jButton tersebut, nanti otomatis akan beralih ke bagian source yang mengacu ke private void jButton Hitung tersebut seperti berikut.

6. Barulah disini kita bermain dengan yang namanya getText dan setText.

  • getText untuk mengambil nilai dari field. Pertama define dahulu type data yang akan digunakan, saya gunakan float supaya hasilnya jika ada koma, tetap ditampilkan dengan koma nya.

Lalu kita buat getText untuk ambil data hasil input dari fieldPanjangAlas dan fieldTinggi, dan masukkan ke dalam variable panjangAlas dan Tinggi.

float panjangAlas, tinggi, hasil;
panjangAlas = Float.valueOf(fieldPanjangAlas.getText());
tinggi = Float.valueOf(fieldTinggi.getText());

Note : Dalam Java, setiap data yang diinput pada jTextField pasti menggunakan type data String, dan pada script diatas, panjangAlas, tinggi dan hasil menggunakan type data float, maka data hasil input mesti di convert dahulu dari String menjadi float, disini saya menggunakan Float.valueOf

Baca Juga : Belajar Perulangan pada Java

7. Rumus menghitung luas segitiga yaitu Panjang Alas * Tinggi / 2, maka kita define scriptnya seperti berikut.

hasil = panjangAlas * tinggi / 2;

8. Selanjutnya kita tampilkan hasil perhitungannya ke dalam fieldHasil, nah ini baru kita gunakan setText, berikut scriptnya

fieldHasil.setText(String.valueOf(hasil));

Note : Jangan lupa tambahkan String.valueOf karena variable hasil menggunakan type data float, sedangkan fieldHasil menggunakan type data String

9. Silakan running dan coba operasikan, nanti hasil perhitungan luas segitiga tersebut akan muncul pada jTextField hasil.

10. Terakhir, untuk mengosongkan seluruh isian field, silakan klik 2 kali pada button hapus, lalu masukkan script setText seperti berikut ini.

fieldPanjangAlas.setText("");
fieldTinggi.setText("");
fieldHasil.setText("");
fieldPanjangAlas.requestFocus();

Ini screenshoot keseluruhan script yang tadi ditambahkan

Cukup mudah bukan, untuk ini bisa teman-teman kembangkan lagi untuk membuat form yang lebih komplek

Mungkin cukup sekian, semoga bermanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.