Cara Mudah Membuat Bot Telegram

Berawal dari keisengan yang melanda hatiku Ciaaaa 😀 saya mencoba oprek mengenai Bot Telegram. Kebetulan Telegram saat ini sedang booming sebagai aplikasi chat yang bisa dibilang sangat secure, bahkan karena saking secure nya, pemerintah Indonesia sempat melakukan blocking terhadap akses ke Telegram karena adanya content-content yang mengandung kejahatan, sara dll yang susah untuk di lacak 😀

Saya tertarik untuk oprek lebih jauh tentang Telegram ini yaitu mengenai Bot nya Telegram ini. Bot Telegram bisa digunakan sebagai sarana informasi otomatis melalui channel, group atau chat pribadi pada Telegram.

Langsung saja, berikut ini langkah-langkah membuat Bot Telegram dengan mudah menggunakan BotFather.

Pertama, silakan login ke akun Telegram kalian, lalu dibagian search, ketikkan manybot, nanti akan muncul list berikut, pilih Manybot seperti yang saya beri kotak merah.

 

Setelah di klik, akan tampil dialog chat seperti berikut. Klik START untuk memulai setup

 

Setelah di klik START, akan muncul command awal. Karena kita akan membuat Bot, bisa klik di tulisan /addbot atau klik pada “Create a New Bot” seperti gambar di bawah ini.

 

Kemudian akan muncul tutorial pembuatan Bot secara detail seperti pada gambar dibawah ini.

Pada informasi diatas, kita disarankan membuat Bot menggunakan @BotFather, silakan klik pada username @BotFather tersebut, kemudian kita akan masuk langsung ke dialog chat dengan Botfather tersebut. Silakan klik START untuk memulai.

 

Setelah di klik START, nanti akan muncul tutorial penggunaan BotFather. Untuk memulai pembuatan Bot Telegram, silakan klik pada link /newbot. Lebih jelas nya ada pada gambar dibawah ini.

 

Kemudian akan ditanyakan nama Bot Telegram nya akan menggunakan nama apa, silakan ketikkan di kolom chat, disini saya coba buat Bot dengan nama “Bot Testing Rizky Pratama” jika sudah, kemudian di send.

Selanjutnya akan ditanyakan username dari Bot yang akan kita buat, dan syaratnya yaitu username harus berakhiran dengan kata bot atau Bot. Contoh ada pada gambar 😀

Disini saya beri username bottestrp_bot, disini kalian bebas menentukan calon pasangan hidup kalian ehhh username maksudnya hehehehe….

 

Setelah menentukan username, maka Bot Telegram telah selesai dibuat, dan akan muncul informasi seperti pada gambar dibawah ini.

Note : Silakan catat token yang tercantum untuk akses HTTP API nya. Ini digunakan apabila kita ingin set misal notifikasi otomatis via channel/group Telegram.

Proses ini sebenarnya belum selesai, terakhir kita harus verifikasi terhadap token Bot tersebut. Salin token yang tercantum kemudian kalian masuk kembali ke Manybot, kemudian klik I’ve copied the API token. Pastikan Manybot telah menjawab dengan tulisan “Good. Send the API token in the next message.

Selanjutnya paste token yang telah disalin sebelumnya pada kolom chat Manybot lalu klik send

Silakan tunggu hingga mendapat balasan bahwa Token untuk bot telegram kalian telah diterima. Seperti pada gambar dibawah ini.

Silakan kalian ketikkan beberapa kata, misal Hello World, dan nanti Manybot akan menginformasikan bahwa Bot Telegram kalian sudah siap untuk digunakan.

 

Tahap terakhir, silakan kalian masuk ke Bot Telegram kalian, dan klik START, pastikan Bot kalian menjawab.

 

Mungkin cukup sekian untuk kali ini, semoga bermanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*