Belajar Pemrograman Web (Lagi)

Posted by

Sebagai salah satu mahasiswa jurusan Teknik Informatika, ada sebuah mata kuliah yang cukup menarik bagi saya, yaitu Pemrograman Web. Pada mata kuliah ini diajarkan bagaimana membangun sebuah website yang dinamis. Awal materi mata kuliah ini, diajarkan bahasa pemrograman PHP yang memiliki singkatan recursive (PHP Hypertext Preprocessor). PHP ini bersifat Server Side, artinya proses script ada disisi server. Sebenarnya ada beberapa pendapat perihal mata kuliah ini, seperti “Semestinya materi awal untuk mata kuliah ini diajarkan HTML dahulu, kemudian CSS, baru masuk ke PHP”. Sebenarnya pendapat ini bisa dibilang tidak benar, maupun tidak salah juga. HTML dan CSS sebenarnya bukan termasuk dalam bahasa pemrograman, melainkan hanya bahasa struktur dengan perintah-perintah sederhana.

Lalu darimana harus memulai belajar pemrograman web?

Pertanyaan diatas sering muncul, darimana harus mulai? kalau jawaban saya : HTML

Karena pada dasarnya, sangat mustahil memang membuat website tanpa memiliki dasar pengetahuan mengenai HTML. Karena nanti yang tampil disisi klien, bukanlah script PHP yang ditulis, melainkan hasil rendering script HTML yang kita tulis. Memang sih saat ini sudah banyak Framework yang bisa dimanfaatkan, tapi kan kalau kita mau modifikasi script didalamnya agar sesuai yang kita mau, berarti minimal harus memahami HTML juga kan hehehe.

Alhamdulillah, dulu pas saya masih SMK, meskipun saya lulusan Teknik Komputer Jaringan, dan bukan lulusan Rekayasa Perangkat Lunak, saya sempat diajarkan sedikit dasar-dasar syntax HTML, yang akhirnya sedikit ilmu tersebut bisa kepakai juga sekarang, meskipun ada sedikit-sedikit lupa hehehe.

Setelah HTML, Kemana Lagi?

Jawaban versi saya : ada 2 pilihan

Pilihan pertama, kalau mau fokus terhadap web design, bisa lanjut mempelajari CSS, karena dengan CSS, bisa membuat tampilan website menjadi lebih menarik dan lebih bagus. Tapi untuk CSS ini meskipun tujuan kita bukan untuk design web, tapi menurut saya, minimal harus sedikit paham juga mengenai CSS ini.

Pilihan kedua, kalau mau fokus ke pembuatan aplikasi web seperti pemrosesan form, CRUD data ke Database, bisa lanjut mempelajari PHP.

Nah kalau saya, memilih lanjut ke PHP.

Pemrograman Web Dengan PHP

Pertama kali saya belajar PHP, yaitu waktu awal tahun 2018, di tempat kerja saya : Excellent. Waktu itu langsung diajarkan PHP Laravel. Begitu training selesai, bisa dibilang ilmu Laravel tersebut belum terlalu dipakai oleh saya, sehingga hasilnya sekarang jadi sedikit lupa hehehe. Tapi begitu ada mata kuliah Pemrograman Web ini, saya mulai belajar mengenai PHP kembali. Saya mulai dari PHP Native dahulu, supaya paham syntax dasar PHP seperti apa. Misal masukan syntax PHP didalam tag HTML, maupun sebaliknya.

Syntax PHP dalam tag HTML

<html>
<?php
Syntax PHP;
?>
</html>

Syntax HTML dalam tag PHP

<?php
echo "<html>";
echo "</html>";
?>

Pastikan juga, agar syntax PHP tersebut bisa diproses oleh server, pastikan memberi nama file dengan extension .php, misal index.php

Ohh iya, untuk teks editor yang saya gunakan dalam mempelajari PHP ini, saya menggunakan Visual Studio Code. Aplikasi ini bisa dibilang cukup lengkap tools nya, extension nya, themes nya dll yang bisa membantu kita dalam hal koding PHP.

Setelah Paham PHP, Lanjut Kemana?

Jawaban : Database (MySQL, PostgreeSQL, Oracle dll)

Bicara soal pemrograman web, apalagi web dinamis, hal penting yang tidak boleh ditinggal yaitu, Database. Karena web dinamis pasti ada proses CRUD (Create, Read, Update, Delete) data ke database. Untuk DBMS yang cukup populer, saya biasa menggunakan MySQL, karena referensi yang cukup melimpah jika suatu saat kita mengalami kendala.

Untuk belajar MySQL dalam pemrograman web, menurut saya, tidak perlu menunggu menguasai PHP dahulu, melainkan bisa berjalan berbarengan. Karena ketika kita create suatu kode PHP, pasti terkadang, malah sering, ada proses PHP didalamnya yang berhubungan dengan database, oleh karena itu, proses pembelajarannya bisa berbarengan antara PHP dengan MySQL.

Tugas Project

Kebetulan di mata kuliah ini, nanti untuk UAS nya diwajibkan membuat tugas project, yaitu membuat aplikasi website dengan PHP. Rencananya untuk tampilan website, saya gunakan Template Layout dan Admin yang sudah include Bootstrap didalamnya, karena kebetulan saya sudah sedikit memahami HTML dan CSS hehehe. Kemudian untuk PHP nya saya masih gunakan PHP Native dahulu hehehe.

Mungkin cukup sekian sedikit curhatan dari saya, semoga bermanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.