Mengikuti Meetup Runcloud dan Digital Ocean

Posted by

Hari Minggu kemarin, 17 Februari 2019, saya beserta 2 orang rekan kerja saya mengikuti sebuah acara meetup mengenai Runcloud dan Digital Ocean di daerah Depok. Bagi yang belum mengetahui Runcloud dan Digital Ocean itu apa, bisa kunjungi alamat website nya yaa untuk detail nya heheheh.

Acara tersebut dimulai pada pukul 1 siang, jadi saya berangkat sendiri dari rumah sekitar jam 9.30 dan sampai di Stasiun Kranji jam 9.50. Sampai di stasiun ternyata kondisinya sudah beda, sudah selesai di renovasi, dan lumayan bagus hasilnya. Tapi ada 1 kekurangan, untuk masuk peron stasiun, kita diharuskan naik tangga terlebih dahulu untuk menuju lobby dan tap gate yang berada di lantai atas, baru kemudian turun kembali ke arah peron stasiun. Memang sih ada lift, tapi masih belum berfungsi dan kelihatannya lift nya juga kecil, jadi kemungkinan antri pasti lama 😀

15 menit menunggu Commuter Line akhirnya datang juga, dapat gerbong nomor 2 dari belakang. Ternyata tadi saya nunggu di peron paling ujung. Kereta berangkat dan lumayan lancar perjalanan, namun sampai stasiun Cakung, kereta tertahan cukup lama, ada hampir setengah jam sepertinya. Ada info katanya di stasiun klender mengalami masalah sinyal sehingga mengganggu aktivitas perjalanan kereta api. Yasudahh saya pun menunggu dengan ketidakpastian, seperti menunggu doi yang ga pernah peka juga 😀

Sekitar jam setengah 12, saya pun sampai di stasiun Manggarai untuk transit dan ganti kereta menuju Depok. Alhamdulillah Commuter Line jurusan Depok lumayan banyak jadi ketinggalan 1 kereta, kereta berikutnya tidak menunggu waktu lama, beda dengan Commuter Line Jakarta-Bekasi, mungkin karena jalur Jakarta – Bekasi, dilewati juga oleh KAJJ (Kereta Api Jarak Jauh) sehingga Commuter Line harus sering mengalah dengan KAJJ tersebut.

Sampai Di Lokasi Acara

Lokasi MeetUp berada dekat dengan stasiun Pondok Cina, tepatnya di Coworking Space Code Margonda, sekitar jam setengah 1 siang akhirnya sampai juga di stasiun tersebut. Dan bertemu juga dengan 2 orang rekan kerja saya dari Bekasi, bernama Choi dan Dwinar 😀

Dari stasiun Pondok Cina, kami bertiga jalan kaki siang-siang terik ke Code Margonda tersebut, 5 menit jalan kaki. Coworking Space nya berada di lantai paling atas Mall Code Margonda tersebut.

Karena acara belum mulai, kami bertiga makan siang dahulu, sebenernya sih mereka berdua saja, saya cuma beli jus melon aja karena lagi diet 😀

Sekitar jam setengah 2 siang, acara belum dimulai, katanya nunggu dulu sekitar 5-10 menit sekalian nunggu peserta lain yang kemungkinan masih di jalan. Disaat yang sama, si Choi mulai menjalankan aksinya untuk mengumpulkan sticker yang disediakan, katanya sih buat bisnis kecil-kecilan di kampus nanti, sticker nya bisa dijual lagi 😀

Sesi Presentasi

5 menit berlalu, acara pun dimulai. Presentasi pertama dibawakan oleh Mohan Ram dari Digital Ocean. Beliau mempresentasikan mengenai produk-produk dan perkembangan Digital Ocean, serta perkembangan dan trend disisi penggunakan Cloud Services. Di akhir presentasi, diberitahukan bahwa semua peserta yang datang akan mendapat kode voucher $100 untuk 12 bulan penggunaan Digital Ocean 😀 Tapi kode tersebut hingga sekarang belum saya gunakan hehehe.

Kemudian dilanjut oleh CEO Runcloud bernama Arif Tukiman. Beliau orang Malaysia, namun jika dilihat dari namanya “Tukiman”, katanya ada keturunan 1% orang Jawa nya 😀 Dia menjelaskan dengan menggunakan bahase Malaysia, sikit-sikit bahase Inggris juge.

  

Dia menjelaskan perjalanan bisnis Runcloud hingga saat ini. Berdasarkan survey juga katanya negara Indonesia berada di posisi ketiga 3 dengan user terbanyak yang menggunakan Runcloud. Memang tidak bisa dipungkiri, Runcloud cukup membantu pengguna awam yang baru menggunakan VPS pertama kali untuk membangun sebuah website. Runcloud menyediakan tools-tools yang dibutuhkan untuk membangun sebuah website pada VPS.

Diantara peserta yang datang kemarin, ada juga pengguna Server Pilot yang merupakan saingan bisnis dari Runcloud.

Acara berlangsung sampai jam 4 an sore, dan ada oleh-oleh T-Shirt dari Runcloud dan Digital Ocean, saya ambil masing-masing 1 hehehe, lumayan, acara gratis pulang dapat T-Shirt gratis.

Sesi Pembahasan Optimasi Website

Setelah acara resmi selesai, dilanjut sholat Ashar terlebih dahulu untuk masing-masing peserta, di sekitar jam 5 an ternyata masih ada sesi tambahan untuk membahas mengenai optimasi website khususnya pengguna WordPress. Disana dijelaskan dari pemasangan tools cache untuk optimasi kecepatan loading, hingga cache untuk mengatasi masalah jika service MySQL mati, website utama masih tetap bisa diakses dengan normal. Kemudian pengecekan website menggunakan tools GT Metrix.

Acara benar-benar selesai sebelum Maghrib, dan kami bertiga pun beranjak pergi dari acara tersebut, dan bergegas menuju Masjid dekat stasiun Pondok Cina.

Pulang ke Rumah

Perjalanan dari Pondok Cina ke Manggarai lumayan lancar, dan lagi-lagi harus berdiri di kereta, namun untungnya Alhamdulillah ketika di Manggarai, mendapat kereta ke Bekasi yang bisa dibilang masih ada kursi kosong sehingga perjalanan ke Bekasi, kami bertiga duduk dengan nyaman 😀

Sampai rumah sekitar jam 8 lewat sedikit, dan masih bisa menyaksikan debat Calon Presiden hehehe 😀

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.