Mengatasi Postfix Mail System is Not Running Pada Zimbra

Posted by

Suatu ketika, salah satu server Zimbra Excellent mengalami sedikit masalah dimana port 25 yang digunakan Zimbra MTA tiba-tiba connection refused, kemudian di cek telnet port 25 email server ternyata connection refused juga. Dugaan awal saya yaitu service zimbra mta nya stopped, namun setelah di cek ternyata seluruh service zimbra running semua.

zimbra@mail:~$ zmcontrol status
Host mail.namadomain.com
	ldap                    Running
	logger                  Running
	mailbox                 Running
	memcached               Running
	mta                     Running
	proxy                   Running
	service webapp          Running
	stats                   Running
	zimbra webapp           Running
	zimbraAdmin webapp      Running
	zimlet webapp           Running
	zmconfigd               Running

Kemudian saya coba cek log pada zimbra.log, pada log tersebut ternyata terdapat pesan error yang menyatakan bahwa service postfix not running.

Jan 28 10:30:40 mail zmconfigd[1259]: All rewrite threads completed in 2.16 sec
Jan 28 10:30:40 mail zmconfigd[1259]: All restarts completed in 0.00 sec
Jan 28 10:30:45 mail /postfix-script[13453]: fatal: the Postfix mail system is not running

Saya coba cari referensi dari forum Zimbra, ternyata untuk hal itu biasanya dikarenakan ketika proses reboot server, seluruh service zimbra tidak di stop dahulu, sehingga ketika server sudah up dan service zimbra up kembali, untuk service mta nya sendiri masih menggantung dengan file pid yang masih berjalan ketika server di restart.

Untuk mengatasi hal tersebut kita harus hapus dahulu file master.pid tersebut. Berikut langkah-langkah nya

Baca Juga : Mengatasi Error 400 Bad Request Setelah Upgrade Zimbra

Stop service Zimbra MTA

su - zimbra -c "zmmtactl stop"

Rename file master.pid menjadi master.pid_ori

mv /opt/zimbra/data/postfix/spool/pid/master.pid /opt/zimbra/data/postfix/spool/pid/master.pid_ori

Silakan di start kembali service Zimbra MTA nya

su - zimbra -c "zmmtactl start"

Silakan cek log kembali dan mestinya service Zimbra MTA sudah berjalan normal kembali

Mungkin cukup sekian, semoga bermanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.