Sekelumit Kisah Mengenai Migrasi Email Server Part 2 (Kunjungan ke Bandung)

Posted by

Melanjutkan part 1 kemarin, beberapa hari yang lalu, saya bersama pak Boss dan senior saya melakukan kunjungan ke Bandung menuju lokasi salah satu client yang melakukan migrasi email server tersebut. Saya berangkat menggunakan transportasi kereta api dari stasiun Bekasi menuju stasiun Bandung. Segala perlengkapan sudah saya siapkan malamnya sebelum keberangkatan, file presentasi juga sudah disiapkan dengan menggunakan sistem SKS (Sistem Kebut Semalam) 😀

Perjalanan Pagi Dimulai

Pagi hari keberangkatan menuju Bandung, pagi itu suasana sangat dingin, ditambah di kereta ada AC nya, makin dingin saja suasana :D. Ditemani bantal kecil saya peluk erat itu bantal untuk mengurangi rasa dingin.

Sekitar 3 jam perjalanan tidak terasa akhirnya sampai juga di Bandung. Kami bertiga pun langsung ciaoo menuju kantor client yang dituju. Lokasi nya dekat dengan stasiun Bandung, jadi bisa ditempuh dengan berjalan kaki sekitar 10-15 menit saja kalau santai 😀

Sesampainya di lokasi, persiapan untuk pemaparan materi diskusi meeting, ada 2 materi disini diantaranya yaitu proses migrasi email server. Diskusi meeting berjalan kondusif selama sekitar 2 jam dari jam 10 sampai jam 12 siang. Kemudian dilanjutkan sholat zuhur berjamaah di masjid. Setelah sholat kami bertiga pun menuju hotel tempat kami istirahat. Dari kantor client menuju hotel jaraknya lumayan dekat, sehingga kami tempuh dengan berjalan kaki saja sekitar 20-30 menit.

Menuju Hotel

Setelah berjalan terus tanpa henti, akhirnya kami sampai dihotel juga. Kami pun istirahat sebentar di hotel hingga sore hari 😀

Suasana mendung, dingin dan ditambah hujan, menemani kami di sore hari tersebut. Rencana kami yang sebelumnya mau jalan-jalan ke alun-alun akhirnya tertunda karena hujan sore hari. Yasudah dilanjut tidur lagi aja hingga sekitar jam 5 sore.

Jalan-Jalan Malam

Malam hari nya kami jalan-jalan malam mencari kuliner Bandung di pinggir jalan, dan makan sop kaki kambing. Setelah selesai kami lanjutkan ke Masjid Raya Bandung untuk sholat Isya. Kemudian dilanjutkan menikmati suasana malam di Alun-Alun kota Bandung, disana ramai sekali banyak orang bermain, berduaan bersama pasangannya masing-masing. Setelah hari cukup malam kami pun kembali ke hotel untuk istirahat.

Melanjutkan Proses Migrasi Email Server

Bermalam di hotel, terkait dengan proses migrasi email server, saya lanjutkan untuk pekerjaannya mengingat proses switching sebentar lagi jadi harus dikebut proses nya. Malam itu saya coba bandingkan antara email server lama dan email server baru, selisih datanya apakah terlalu besar, saya cek ternyata lumayan besar, dalam hal ini yaitu jumlah akun yang berbeda sekitar 40 akun. Di server lama ternyata ada penambahan akun sehingga di server baru mesti ditambahkan juga 40 akun tersebut. Proses penambahan akun terbilang cepat, tidak sampai 10 menit. Kemudian dilanjutkan proses export import data milist. Posisi di server lama untuk milist ini hanya menggunakan 2 server saja, namun posisi pada email server baru ini ingin di set menggunakan 5 server, sehingga kesulitan disini yaitu membagi data 2 milist tersebut menjadi data 5 milist dengan mengacu ke nama domain yang digunakan, jadi posisi nya yaitu 1 server diisi dengan data milist 1 domain saja.

Tidak terasa hari pun sudah mulai malam, saya pun akhirnya tidur terlelap dalam mimpi.

See you next time on part 3 😀

My Social Network
Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*