Beberapa hari yang lalu, disalah satu perusahaan yang menggunakan Zimbra didapati pesan error pada sistem email server Zimbra yang dikelolanya. Error tersebut muncul ketika mengakses halaman Zimbra Admin dengan keterangan “Some service are not running”, beberapa server terlihat status service Zimbra nya not running, padahal jika dicek melalui Command Line zmcontrol status, service berjalan normal tanpa ada kendala.
Memang sih error tersebut tidak mengganggu jalannya email, hanya saja error tersebut mengganggu pemandangan mata ketika mengakses Zimbra Admin, seperti tampilan berikut
Berikut ini langkah-langkah untuk eskalasi masalah tersebut
Cek Rsyslog
1. SSH atau login console ke server yang memiliki service Zimbra logger, bisa dicek pakai command su – zimbra -c “zmprov -l gas logger”, edit file /etc/rsyslog.conf, hapus tanda pagar pada 2 baris berikut
$ModLoad imudp $UDPServerRun 514
2. Jika sudah, silakan restart service rsyslog dan update auth keys Zimbra
service rsyslog restart su - zimbra -c "zmsshkeygen" su - zimbra -c "zmupdateauthkeys"
3. Pada server selain logger diatas, silakan jalankan command berikut menggunakan user root, jalankan secara bergantian antar server
/opt/zimbra/libexec/zmsyslogsetup su - zimbra -c "zmsshkeygen" su - zimbra -c "zmupdateauthkeys"
Jika sudah semuanya, silakan tunggu 2-5 menit, lalu refresh kembali Zimbra Admin nya, semestinya jika tidak ada kendala, tampilan status service sudah running pada Zimbra Admin. Namun jika masih belum solved, bisa lanjut ke tahap dibawah ini
Baca juga : Cara Memasang Proxy untuk apt dan apt-get pada Ubuntu
Cek zmstatuslog
1. SSH atau login console ke server yang statusnya not running pada Zimbra Admin, lalu cek service zmstatuslog nya
ps aux | grep zmstatuslog
Cek pid yang tertera pada hasil ps aux diatas, seperti contoh berikut
Pid yang muncul yaitu 77255 dan 77257, silakan stop service dengan nomor pid tersebut
kill -9 77255 77257
Namun jika tidak ditemukan proses yang berjalan terkait zmstatuslog, tidak masalah, bisa lanjut ke next step
2. Selanjutnya coba jalankan secara manual zmstatuslog nya
su - zimbra -c "/opt/zimbra/libexec/zmstatuslog"
Jika muncul pesan “Can’t run pid exist…”, bisa dihapus file pid “/opt/zimbra/log/zmstatuslog.pid” atau backup ke tempat lain
mv /opt/zimbra/log/zmstatuslog.pid /opt/zimbra/log/zmstatuslog.pid.back
Kemudian jalankan kembali zmstatuslog nya
su - zimbra -c "/opt/zimbra/libexec/zmstatuslog"
3. Cek file log /var/log/zimbra-stats.log, pastikan sudah muncul informasi status running seperti berikut
[root@mbox1 ~]# cat /var/log/zimbra-stats.log | grep -a STATUS
Dec 14 09:55:00 mbox1 zimbramon[41713]: 41713:info: 2020-12-14 09:54:58, STATUS: mbox1.rizkypratama.id: mailbox: Running
Dec 14 09:55:00 mbox1 zimbramon[41713]: 41713:info: 2020-12-14 09:54:58, STATUS: mbox1.rizkypratama.id: service: Running
Dec 14 09:55:00 mbox1 zimbramon[41713]: 41713:info: 2020-12-14 09:54:58, STATUS: mbox1.rizkypratama.id: stats: Running
Dec 14 09:55:00 mbox1 zimbramon[41713]: 41713:info: 2020-12-14 09:54:58, STATUS: mbox1.rizkypratama.id: zimbra: Running
Dec 14 09:55:00 mbox1 zimbramon[41713]: 41713:info: 2020-12-14 09:54:58, STATUS: mbox1.rizkypratama.id: zimbraAdmin: Running
Dec 14 09:55:00 mbox1 zimbramon[41713]: 41713:info: 2020-12-14 09:54:58, STATUS: mbox1.rizkypratama.id: zimlet: Running
Dec 14 09:55:00 mbox1 zimbramon[41713]: 41713:info: 2020-12-14 09:54:58, STATUS: mbox1.rizkypratama.id: zmconfigd: Running
4. Cek juga crontab Zimbra nya, pastikan cronjob untuk zmstatuslog nya sudah di set berjalan setiap 2 menit sekali
[root@mbox1 ~]# su - zimbra -c "crontab -l | grep zmstatuslog" */2 * * * * /opt/zimbra/libexec/zmstatuslog > /dev/null 2>&1
5. Pastikan juga service cron nya sudah berjalan, atau bisa juga di restart service cron nya sekalian
Ubuntu
service cron restart
CentOS
service crond restart
6. Lalu silakan cek kembali pada Zimbra Admin, secara bertahap seluruh service pada cluster Zimbra semestinya akan running dan berwarna hijau, per server biasanya membutuhkan waktu 2-5 menit agar statusnya menjadi running pada Zimbra Admin.
Mungkin cukup sekian, semoga bermanfaat
Rizky Pratama. Tinggal di Bekasi, Jawa Barat. Seorang IT di salah satu perusahaan IT. Pengguna Mac, Linux dan Windows
Selain sebagai penulis di blog ini, saya juga penulis di blog saya yang lain, yaitu https://pratama.biz.id
hi mas Rizky,
Saya punya case serupa, hanya saja single server.
All status running pada cli, namun pada zimbra admin silang merah juga graph pada monitor juga ikut tidak tampil.
saya sudah coba mengikuti banyak artikel namun masih belum berhasil.
tidak ada capture yang keluar dari command berikut cat /var/log/zimbra-stats.log | grep STATUS
juga status “0” pada zmsoap -z GetServiceStatusRequest
jika dilihat dari log pada rsyslog, crontab seharusnya berjalan:
Mar 8 11:18:01 ms CRON[1378279]: (zimbra) CMD (/opt/zimbra/libexec/zmstatuslog > /dev/null 2>&1)
Mar 8 11:20:01 ms CRON[1379966]: (zimbra) CMD (/opt/zimbra/libexec/zmqueuelog)
Mar 8 11:20:01 ms CRON[1379965]: (zimbra) CMD (/opt/zimbra/libexec/zmlogprocess > /tmp/logprocess.out 2>&1)
Mar 8 11:20:01 ms CRON[1379967]: (zimbra) CMD (/opt/zimbra/libexec/zmstatuslog > /dev/null 2>&1)
Mar 8 11:22:01 ms CRON[1381734]: (zimbra) CMD (/opt/zimbra/libexec/zmstatuslog > /dev/null 2>&1)
Mar 8 11:24:01 ms CRON[1383035]: (zimbra) CMD (/opt/zimbra/libexec/zmstatuslog > /dev/null 2>&1)
mungkin bisa memberikan sedikit pencerahan mas, terima kasih.