Unrecoverable Error Team Viewer

Mengatasi “Unrecoverable Error: Security Agent was unable to create requested mechanism TeamViewerAuthPlugin:start” pada MacOS

Posted by

Beberapa waktu lalu, saya melakukan upgrade versi MacOS saya ke Catalina 10.15.5, sebelum melakukan upgrade, saya uninstall dahulu beberapa software untuk menambah free space SSD Mac saya untuk mencegah kegagalan, termasuk saya uninstall juga Team Viewer yang sudah terinstall, kebetulan juga Team Viewer saya sudah kena batasan limitasi, jadi tidak bisa remote lebih dari 5 menit hehehe.

Proses upgrade membutuhkan waktu sekitar 35 menit sepertinya setelah proses klik reboot untuk upgrade. Setelah proses upgrade selesai dan Mac saya sudah up kembali, akan muncul form login password seperti biasa, saya masukkan lah password login, setelah di tekan enter, tiba-tiba layar menjadi hitam dan muncul pesan error seperti berikut

Unrecoverable Error

Saya klik OK tidak ada respon apapun, posisi stuck seperti itu saja, tidak bisa masuk ke desktop Mac dan tidak ada menu reboot atau apapun. Saya panik dan khawatir di tengah malam sendirian, sambil saya googling untuk eskalasi masalah tersebut, dan akhirnya ketemu cara untuk menyelesaikan masalah tersebut

Berdasarkan informasi yang saya temukan, usut punya usut masalah tersebut muncul karena sebelumnya saya uninstall Team Viewer, tapi tidak melakukan de-registering terlebih dahulu, sehingga oleh system Mac dianggap team viewer masih terinstall tapi file bundle nya tidak ada.

Baca Juga : Mengubah Reserved Space pada Partisi Linux

Langsung saja, berikut ini langkah-langkah untuk eskalasi masalah tersebut :

1. Install Team Viewer pada laptop MacOS lain, kalau tidak ada laptop MacOS yang lain, bisa coba kontak ke salah satu teman yang menggunakan MacOS juga kemudian suruh install Team Viewer, lalu minta temanmu kirimkan file “/Library/Security/SecurityAgentPlugins/TeamViewerAuthPlugin.bundle” via media sosial Telegram, Whatsapp, ataupun Email dll. Setelah dikirimkan, silakan download file tersebut lalu simpan file tersebut ke USB Flashdisk (Pastikan file yang disimpan ke USB dalam bentuk folder bernama TeamViewerAuthPlugin.bundle)

Terkait point nomor 1, saya ucapkan terima kasih juga untuk teman saya yang namanya Dhenandi yang malam-malam sudah saya ganggu untuk mengirimkan file teamViewerAuthPlugin.bundle tersebut 😀

2. Reboot laptop MacOS dengan menekan tombol power beberapa detik sampai mati, kemudian tekan kembali tombol power nya untuk menyalakan, selanjutnya segera tekan Tombol Command+R hingga muncul logo Apple untuk masuk ke Recovery Mode MacOS, proses ini membutuhkan beberapa waktu, jadi harap bersabar dan tetap tenang

3. Selanjutnya akan muncul form login password, silakan masukkan password login ke laptop MacOS lalu enter

4. Tunggu beberapa waktu dan tetap tenang, nanti akan muncul MacOS Utilities seperti berikut, pilih Disk Utility

MacOS Utilities

5. Pada windows Disk Utility, akan terlihat partisi Disk MacOS yang belum termounting, pada panel sebelah kiri silakan pilih Disk MacOS nya, biasanya namanya Macintosh HD, lalu klik Mount. Setelah di klik, default nya tidak langsung merespon, tapi ini normal, tunggu sebentar dan tetap tenang, selanjutnya akan muncul form password, silakan masukkan password MacOS lalu enter. Pastikan kembali Macintosh HD sudah termounting.

6. Colok USB Flashdisk ke USB Port, pastikan status langsung termounting pada Disk Utility

7. Close Disk Utility, lalu pada menu bar, klik Utilities, -> Terminal. Kemudian akan muncul Terminal MacOS. Lalu jalankan command berikut pada Terminal untuk menyalin file Team Viewer bundle tadi

cp -r /Volumes/<Nama USB>/TeamViewerAuthPlugin.bundle /Volumes/Macintosh\ HD/Library/Security/SecurityAgentPlugins/

Catatan :

  • Ketika mengetikkan path directory /Volumes/xxx, gunakan tombol Tab agar otomatis auto Complete untuk menghindari kesalahan penulisan path directory
  • Jika setelah menjalankan perintah diatas, muncul pesan directory not found, atau Read only, kemungkinan teman-teman ada kesalahan mengetikkan path directory tersebut, silakan ulangi lagi langkah nomor 7, dan tetap tenang.

8. Kalau tidak ada error setelah langkah nomor 7, silakan pastikan kembali dengan menjalankan command berikut

ls /Volumes/Macintosh\ HD/Library/Security/SecurityAgentPlugins/

Pastikan muncul file/folder Team Viewer bundle yang tadi disalin

9. Close Terminal lalu Reboot laptop MacOS

Tunggu beberapa saat dan tetap tenang, semestinya saat ini error yang tadi muncul sudah tidak muncul kembali dan teman-teman bisa login dengan normal kembali ke laptop MacOS nya

Mungkin cukup sekian, semoga bermanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.