Pengalaman Mudik ke Kebumen

Posted by

Assalamualaikum Wr. Wb

Pada lebaran kali ini tahun 2017, akhirnya saya bisa pulang kampung kembali ke Kebumen, yaa Kebumen merupakan sebuah kabupaten/kota yang berada di provinsi Jawa Tengah. Menurut saya Kebumen itu kabupaten yang sangat bagus, tempat wisata cukup banyak hanya saja belum terlalu terkenal seperti di daerah lainnya.

Pada tanggal 21 Juni 2017, libur lebaran di Excellent dimulai. Di pagi hari itu saya coba mencari tiket bus untuk mudik, sebelumnya saya mencoba tanya ke team staff Excellent yaitu Mas Arif mengenai info tiket bus untuk mudik ke Kebumen, saya disarankan untuk naik Sinar Jaya dari Bekasi Timur, saya pun langsung menuju lokasi pembelian di tiket di Bekasi Timur, sesampainya disana ternyata tiket mudik untuk hari itu sudah habis, saya disarankan juga untuk naik Murni Jaya dari Bekasi, namun katanya harga nya sekitar 300ribu, wooww terlalu over menurut saya, akhirnya saya tidak memilih naik Murni Jaya. Akhirnya pulang kembali kerumah tanpa membawa hasil, tapi orang tua saya menyarankan naik Sumber Alam saja dari Pondok Ungu, Bekasi, yasudah karena sebelumnya untuk perlengkapan baju dll sudah disiapkan di koper, sekitar jam 2 siang saya beserta keluarga berangkat menuju pool Sumber Alam di Pondok Ungu

Sesampainya disana sudah cukup ramai, saya memesan tiket untuk mudik. Untuk pilihan tiket ada beberapa kelas, yaitu:

  • Kelas Ekonomi Non AC
  • Kelas Ekonomi AC
  • Kelas Bisnis Non AC
  • Kelas Bisnis AC
  • Kelas Bisnis AC Toilet

Saya pertimbangkan untuk pilh kelas Bisnis Non AC saja, mengapa??? karena jika saya pilih kelas ekonomi untuk bangku nya terlalu sempit dan tidak bisa di reclining, dan nanti perjalanan bisa sampai 12 jam, jadi saya pilih bisnis Non AC saja, mengapa tidak yang bisnis AC??? untuk harga antara Non AC dan AC selisih terlalu jauh, dan perjalanan dilakukan dimalam hari pastinya nanti akan sangat dingin, jadi saya pilih Non AC agar tidak terlalu dingin oleh AC. Saya beli tiket 4 buah seharga sekitar Rp780 ribu, setelah dapat tiket saya cek jam berangkat sekitar jam 4 sore. akhir nya saya tunggu hingga jam 4 dan bus yang saya naiki datang juga, saya langsung masukkan semua bawaan ke dalam bus, dan menunggu hingga bus jalan.

Sekitar jam setengah 5 sore bus mulai jalan, untuk bus yang saya naiki ini ternyata harus mengambil penumpang dulu dari terminal Bekasi, sampai di terminal pukul 6 sore atau pas maghrib, perjalanan dilanjutkan hingga sekitar pukul 4 pagi saya akhirnya sampai di desa Argopeni, Kebumen kampung halaman saya, alhamdulillah perjalanan aman.

Saya pun akhirnya sampai dirumah mbah, saya panggilnya mbah putri atau mbah kakung, bukan nenek atau kakek hehehe, ternyata mbah saya lagi sahur, yaudah saya pun langsung ikutan sahur untuk berpuasa di siang hari nya. Untuk hari pertama saya lalui dengan menikmati suasana kampung saja, suasana sangat sejuk, adem tidak seperti di Bekasi yang panas :p

  

Skip lanjut saat malam takbiran, orang-orang pada takbiran di Masjid, kalau saya malah main ke alun-alun Kebumen sama saudara di kampung :D, sekitar jam 7 berangkat naik motor ke alun-alun dan memakan waktu setengah jam, ternyata jalan menuju kesana lumayan macet. Namun akhirnya saya sampai juga di alun-alun yang saat itu suasana sangat ramai, banyak orang ngumpul, nyalain petasan atau kembang api, disini saya sama saudara saya itu makan ketoprak sambil menikmati suasana tersebut hingga pukul 10 malam saya akhirnya pulang kembali.

Malam itu pun saya cek HP ternyata ada banyak notif dari si doi yang chat saya :D, saya balas chat nya ternyata dianya sudah tidur, yasudah saya tidur juga untuk persiapan besok pagi sholat ied.

Pagi hari di tanggal 1 Syawal, lebaran tiba, saya sholat ied kemudian dilanjutkan halal bihalal diantara keluarga dikampung kemudian dilanjutkan keliling kampung untuk maaf-maafan dengan warga sekitar hingga pukul 9, setelah itu saya makan dahulu sebelumnya dilanjutkan pergi ke Kutoarjo untuk mengunjungi mbah dari bapak. Perjalanan ke Kutoarjo memakan waktu sekitar 1,5 jam dari Kebumen.

Sekitar pukul 4 sore saya kembali ke Kebumen, perjalanan ke Kebumen dari Kutoarjo ternyata macet, jalan padat merayap, semestinya hanya 1,5 jam saat itu hingga 2,5 jam sehingga jam 6 sore baru sampai di Kebumen, saya langsung bersih-bersih.

Keesokan hari nya tanggal 26 Juni 2017 saya main ke pantai setro jenar bersama adik dan bapak saya, ibu saya tidak bisa ikut karena males macet-macet2an di jalan menuju kesana 😀 dan memang benar ternyata jalan menuju lokasi sangat macet.

Sekitar pukul 11 siang akhirnya sampai juga di pantai setro jenar, suasana sudah sangat ramai, saya langsung menuju pantai nya yang sudah dipadati banyak pengunjung. Saya rasakan sensasi jalan diatas pasir pantai 😀 karena saya tidak membawa baju ganti, saya jadi hanya bisa menikmati suasana air laut dari pinggir pantai saja, tidak sampai basah-basahan, karena bisa dibilang ini ke pantai ga niat jadi perlengkapan tempur ga dibawa.

  

Di foto ada saya yang sedang duduk menikmati suasana indahnya gelombang air laut, cocok dengan lagu bang Iwan Fals yang judulnya Kemesraan

Suatu hari
Dikala kita duduk ditepi pantai
Dan memandang
Ombak dilautan yang kian menepi

Burung camar
Terbang bermain diderunya air
Suara alam ini
Hangatkan jiwa kita

Hari semakin siang dan saat nya untuk pulang kembali ke Kebumen untuk beristirahat

Hal yang saya rindukan ketika pulang kampung ke Kebumen yaitu bisa main-main ke stasiun Wonosari, stasiun Wonosari ini stasiun kecil yang hanya berfungsi sebagai tempat silang kereta, walaupun begitu biasanya disitu setiap sore lumayan ramai banyak orang ngobrol, atau nongkrong atau sekedar menikmati pemandangan sawah karna persis di depan stasiun terdapat hamparan sawah hijau yang sangat indah.

Hari Kamis sore tanggal 29 Juni 2017, akhirnya saya bersiap untuk kembali ke Bekasi, meninggalkan perasaan rindu dengan kampung halaman, tapi mau gimana karena tanggal 3 Juli 2017 sudah mulai beraktivitas seperti biasa, perjalanan pulang ke Bekasi cukup lancar hanya saja di daerah banyumas tersendat, padat merayap, masuk daearah Cirebon hingga Indramayu jalanan lancar namun masuk Cikampek mulai padat merayap di jalan Tol hingga daerah Cikarang. Perjalanan yang biasanya hanya 8-10 jam ini bisa sampai 18 jam. Dari Kebumen jam 5 sore sampai Bekasi jam 12 siang, tapi gapapa menikmati perjalanan. Kata orang sih bukan mudik namanya kalau ga merasakan sensasi macet di perjalanan 😀

Setelah sampai di Bekasi, saya langsung pulang kerumah dan istirahat hingga sore.

Kesimpulan, setelah 7 hari di Kebumen, ternyata Kebumen kota yang sangat indah, sejuk, dan banyak tempat wisata yang bisa dikunjungi, hanya saja kemarin saya hanya mengunjungi Pantai Setro Jenar saja, bagi kalian yang ingin berwisata ke Kebumen, untuk transportasi bisa menggunakan kereta api, cari jurusan Gambir – Kutoarjo, atau naik bus bisa menggunakan bus Sinar Jaya, Sumber Alam atau Murni Jaya nanti bisa turun di Terminal Kebumen.

Mungkin cukup sekian karena sudah kepanjangan, semoga bermanfaat

My Social Network
Please follow and like us:

2 comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*