zprofile mac

Membuat Command Alias Dengan Parameter pada .zprofile Mac OS

Posted by

Ngga nyangka akhirnya saya bisa login kembali ke blog saya yang sudah berdebu ini, kali ini saya mau sedikit membagikan tips terkait parameter pada command alias di .zprofile di Mac OS. Berawal dari saya yang malas mengetik command line yang cukup panjang ketika ingin masuk ke console docker container saya, seperti berikut :

docker exec -it nama_container_1 /bin/bash

Pada command diatas cukup panjang bukan untuk diketik berulang kali jika ingin masuk ke console container. Nah supaya memudahkan agar kita tidak perlu mengetik panjang kembali, bisa dibuatkan dengan command alias pada .zprofile. Namun yang perlu diperhatikan adalah pada bagian nama_container, untuk nama_container ini pasti beda-beda, sehingga jika dibuatkan alias satu-persatu berdasarkan nama container akan jadi banyak sekali aliasnya.

Untuk mengatasinya bisa dibuatkan parameter yang bisa dipassing ke dalam file .zprofile. Defaultnya file .zprofile di Mac OS ini tidak bisa langsung membaca parameter yang diketik dari command alias, jadi mesti dibuatkan dalam bentuk function, seperti berikut :

Baca Juga : Cara Delete File Permanent pada MacOS

Edit file ~/.zprofile

vi ~/.zprofile

Lalu tambahkan baris berikut untuk membuat command aliasnya, disini saya buat alias command nya dengan nama dockerexec

alias dockerexec='(){docker exec -it $1 /bin/bash}'

Pada function diatas terdapat variable $1, artinya dia akan otomatis membaca parameter pertama yang diketik setelah dockerexec, misal (dockerexec string1 string2)

  • string1 = $1
  • string2 = $2 dst

Jika sudah silakan di save, lalu jalankan command berikut untuk apply alias nya

source ~/.zprofile

Selanjutnya silakan exit atau open tab terminal baru untuk bisa menjalankan command alias yang baru tersebut, dan sekarang sudah tidak perlu lagi mengetik command docker exec yang panjang kembali, namun hanya tinggal menjalankan dockerexec ditambah nama containernya

dockerexec nama_container_1

Mungkin cukup sekian tips kali ini, semoga bermanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.