Mulai Belajar Kubernetes (k8s)

Posted by

Beberapa bulan ini Excellent sedang melakukan improvement terhadap mekanisme pekerjaan yang sudah menjadi standarisasi seluruh team Excellent. Improvement ini dilakukan agar kedepannya dapat mempermudah pekerjaan dan pekerjaan yang rutin tiap hari bisa di automasi. Nah salah satu improvement tersebut yaitu pembelajaran mengenai Kubernetes.

Untuk pembelajaran tersebut, alhamdulillah pak boss Vavai dengan baik hati membiayai saya untuk mengikuti training online di Udemy dengan materi Kubernetes for Absolute Beginners. Jadi akhirnya saya pun bisa belajar mengenai Kubernetes tersebut. Terima kasih banyak untuk pak boss Vavai dan Excellent, ohh yaa untuk om Akoy juga yang memproses pembayaran trainingnya hehehe.

Untuk materi kubernetes ini, bisa dibilang saya masih newbie karena belum pernah mencoba sama sekali sebelumnya. Dan alhamdulillah setelah mengikuti training online beberapa hari, sudah menyelesaikan 24 course dari 51 course yang tersedia. Dari hasil tersebut saya pun mulai memahami konsep dari kubernetes ini, dan istilah-istilah yang ada pada kubernetes, misal kubeadm, kubelet, kubectl, pod. Dan saya juga minimal sudah bisa membuat cluster simple menggunakan kubernetes ini. Dari 1 node sebagai master, dan 2 node sebagai workers nya. Baru membuat yaa, belum manage dll :-D.

Kubernetes ini kalau saya lihat sedikit sulit materinya, ya memang karena saya masih awam dengan kubernetes. Tapi kubernetes ini cukup menarik bagi saya. Mungkin nanti jika sudah terbiasa menggunakan pasti akan makin paham dengan teknologi kubernetes ini.

Ohh ya dari sini juga saya baru mengetahui mengapa kubernetes disingkat menjadi k8s, yaitu huruf k menjadi huruf depan, kemudian angka 8 itu merupakan jumlah huruf dari “ubernete“, kemudian huruf s merupakan huruf terakhir, sehingga disingkat k8s.

Mungkin cukup sekian, semoga bermanfaat dan jangan lupa bahagia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.