Cara Memperkecil Ukuran File PDF Pada Mac Dengan Mudah

Posted by

Memperkecil Ukuran File PDF – File PDF merupakan salah satu jenis file yang compatible terhadap banyak device, kemudahan open file PDF membuat banyak orang sering kali mengconvert dokumen miliknya menjadi sebuah file PDF. Dengan file PDF juga kita bisa mencegah agar orang lain tidak bisa seenaknya melakukan edit file yang kita buat, meskipun ada beberapa orang juga yang memang niat dengan cara convert balik dari PDF menjadi Docx dll, meskipun hasilnya tidak 100% file asli yang seperti kita buat.

Nahh disini kebetulan saya mau sharing, saya mempunyai sebuah file powerpoint kemudian saya convert menjadi sebuah file PDF, hasil convert tersebut di cek ternyata sangat besar dari file aslinya, file asli nya hanya sekitar 4,1 MB, setelah di convert menjadi PDF, ternyata ukurannya menjadi hampir 28 MB. Akhirnya saya coba cari referensi untuk memperkecil ukuran file PDF tersebut, ternyata hal tersebut bisa dilakukan menggunakan aplikasi bawaan Mac OS, yaitu Preview.

Baca Juga : Cara Menghapus File Secara Permanent Pada Mac

Berikut ini hasil convert file powerpoint saya menjadi file PDF, terlihat jauh beda bukan ukurannya

Size Original PDF

Berikut ini langkah-langkah untuk memperkecil ukuran file PDF tersebut.

1. Open file PDF tersebut menggunakan Preview.

2. Seteleh di open, Klik File | Export

3. Nanti akan muncul pop up seperti berikut ini, pada pilihan Quartz Filter, pilih “Reduce File Size“. Default nya biasanya hasil dari reduce file ini ditempatkan di folder iCloud Preview, kita bisa ubah juga dengan klik tanda panah. Kalau sudah, klik Save

4. Berikut ini hasil file nya setelah di reduce menggunakan Preview, dari yang sebelumnya 28 MB, sekarang menjadi 2,6 MB saja. Secara kualitas memang sedikit ada penurunan tapi tidak terlalu terlihat signifikan penurunan kualitas tersebut.

Mungkin cukup sekian, semoga bermanfaat.

4 comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.