Membuat Daftar Isi dapat Diklik pada Microsoft Word di Mac OS

Posted by

Berawal saat saya membuat sebuah laporan menggunakan Microsoft Word pada Mac, laporan saya terdiri dari beberapa halaman dengan 1 halaman awal untuk daftar isi. Dimana saat itu laporan saya sudah selesai dan saya convert menjadi PDF agar tidak mengubah tampilan ketika dibuka di berbagai macam device.

Setelah jadi file PDF, saya coba cek laporan saya tersebut, kemudian saya menemukan adanya kekurangan dari file PDF saya tersebut yaitu dibagian Daftar Isi (Table of Content) yang biasanya jika saya pakai Libre Office, Daftar Isi tersebut bisa di klik dan langsung menuju halaman yang dimaksud meskipun file tersebut sudah di convert menjadi PDF. Namun ketika menggunakan Word ini, kok Daftar Isinya tidak bisa di klik sehingga harus scroll secara manual untuk menuju halaman yang dimaksud.

Untuk mengatasi masalah tersebut ternyata cukup simple, berikut langkah-langkahnya :

1. Saat membuat Table of Content, pilih Custom Table of Content

2. Pada menu Custom Table of Content, Ceklis pada option Use hyperlinks instead of page number, kemudian klik OK, maka otomatis Table of Content akan terbuat.

3. Nanti akan jadi seperti berikut ini untuk contohnya

4. Jika sudah, silakan Save As file tersebut, nanti dibagian File Format, pilih PDF, kemudian klik juga pada Best for electronic distribtion and accessibility. Fitur ini yang nantinya bisa membuat Daftar Isi bisa di klik pada PDF nanti. selanjutnya klik Export.

Note : Proses Export ini membutuhkan akses internet.

5. Silakan cek hasil file PDF nya, dan mestinya saat ini Daftar Isinya sudah bisa di klik langsung dan menuju ke halaman yang dimaksud.

Cukup mudah bukan?

Mungkin cukup sekian, semoga bermanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.