Cara Upgrade Nextcloud Server Dengan Mudah

Posted by

Nextcloud merupakan suite software client-server untuk menciptakan layanan file hosting. Secara fungsional sangat mirip dengan Dropbox, dengan perbedaan fungsional utama adalah bahwa Nextcloud bersifat open-source, dan sehingga memungkinkan siapa saja untuk menginstal dan mengoperasikannya tanpa biaya pada server pribadi.

Pada postingan sebelumnya, saya sudah menuliskan Tutorial Instalasi Nextcloud pada Ubuntu, bisa di cek DISINI

Nah untuk kali saya ingin membagikan tutorial cara upgrade Nextcloud Server dengan mudah. Kebetulan beberapa hari yang lalu Nextcloud sudah release versi terbaru yaitu Nextcloud 16.0.1, oke langsung saja berikut langkah-langkahnya :

Baca Juga : Aktivasi Redis pada Nextcloud Server

Note : Proses upgrade saya biasanya pakai mode CLI, karena bisa di set background proses untuk jaga-jaga jika terjadi kendala koneksi, karena kalau via Web Apps, saat proses upgrade berjalan tiba-tiba koneksi terputus khawatir malah jadi mengacaukan proses upgrade.

1. SSH ke Server Nextcloud, lalu masuk ke home directory Nextcloudnya, saya biasanya letaknya di /var/www/nextcloud

2. Masuk lagi ke directory updater, nanti didalamnya ada file execute bernama updater.phar, untuk memulai proses upgrade, jalankan perintah berikut

sudo -u www-data php updater.phar

3. Nanti akan muncul informasi step by step persiapan upgrade seperti berikut ini

Saat ditanyakan “Start update?” ketik Y kemudian enter untuk memulai proses

4. Tahapan persiapan upgrade Nextcloud sedang berjalan, silakan tunggu hingga selesai, biasanya membutuhkan waktu beberapa lama tergantung besarnya data yang tersimpan dalam Nextcloud, dan biasanya lamanya ketika tahapan “Create Backup”.

5. Setelah tahapan diatas selesai, akan muncul konfirmasi berikut, tekan Y kemudian Enter untuk memulai proses upgrade Nextcloud nya.

Should the "occ upgrade" command be executed? [Y/n] y

6. Proses upgrade Nextcloud sedang berjalan, tunggu hingga selesai.

7. Jika proses upgrade Nextcloud sudah selesai, akan ditanyakan apakah ingin keep maintenance atau tidak, kita pilih tidak supaya Nextcloud bisa langsung aktif kembali.

8. Silakan akses kembali web apps Nextcloudnya dan pastikan versinya sudah versi terbaru.

Cukup mudah bukan? mungkin cukup sekian, semoga bermanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.