Balada Upgrade Sistem Zimbra Multi Server

Posted by

Awal Oktober 2019 kemarin, saya beserta rekan kerja saya yang bernama Ahmad Imanudin, biasa dipanggil om Ahmad, melakukan pekerjaan Upgrade sistem email server Zimbra di salah satu klien kami, perusahaan BUMN yang ada di Jawa Barat. Klien kami ini memiliki sistem email server berbasis Zimbra dengan menggunakan skema multi server dengan jumlah server lebih dari 30. Wah banyak banget yaak? iya soalnya jumlah usernya pun juga banyak, ada puluhan ribu user. Server tersebut terbagi menjadi beberapa server LDAP, Mailbox dan MTA.

Perjalanan Menuju Lokasi Klien

Perjalanan kami dari Bekasi menuju kantor klien tersebut menggunakan transportasi kereta api. Dari bekasi sekitar pukul 11 siang, sampai lokasi pukul 14 siang. Karena sudah di schedulekan sebelumnya, yaitu proses upgrade sistem dilakukan pada malam hari pukul 22. Berhubung pas sampai lokasi, belum waktunya upgrade dan masih ada banyak waktu, kami pun bersantap makan siang dahulu di rumah makan Ampera. Setelah selesai, kami pun bergegas menuju lokasi kantor klien untuk sekedar diskusi persiapan upgrade yang akan dilakukan pada malam nanti.

Bersantai Disore Hari

Pada pukul 4 sore, kami menuju hotel untuk check in dahulu, dan bersantai di sore hari. Ohh ya hotel yang kami tuju yaitu hotel Grand Sovia yang di lantai atasnya memiliki kolam renang. Kebetulan pas waktu check in, ada sebuah pengumuman bertuliskan kira-kira seperti berikut Demi meningkatkan kenyamanan pengunjung, saat ini sedang dilakukan renovasi kolam renang, sehingga kolam renang tidak bisa digunakan mulai tgl 29 September – 15 Oktober 2019″. Wahh sudah jauh-jauh kesini niatnya mau berenang, tapi malah sedang direnovasi, dan kebetulan juga saya tidak membawa perlengkapan renang, jadi yasudah hahahaha.

Photo by AI
“Kasian sekali dia”

Asumsi yang Salah

Sekitar pukul 7.30 malam, sehabis Isya, kami pun bersiap kembali untuk menuju kantor klien untuk melakukan upgrade sistem. Karena sebelumnya sudah menyiapkan timeline upgrade beserta estimasi waktunya, dan juga persiapan segala macam seperti backup sudah dipersiapkan dengan matang, kami pun bisa dibilang sedikit santai, hanya tinggal menunggu waktu eksekusi upgrade saja. Berdasarkan timeline, waktu upgrade memakan waktu hampir sampai 6 jam, dimulai pukul 22.00 – 04.00. Saat itu pikiran kami berdua sama, kalau dengan estimasi waktu seperti itu, percuma juga dipesankan penginapan di hotel, tohh gabisa dinikmatin juga, karena waktu dihabiskan untuk upgrade dikantor klien sampai pagi hahaha.

Pukul 22.00, waktunya upgrade Zimbra, tapi sebelum eksekusi, kami pastikan dahulu backup aman, dengan melakukan backup terakhir sebelum upgrade. Perkiraan lamanya backup terakhir hanya memakan waktu 15 menitan, tapi kenyataannya sampai setengah jam lebih, belum kelar, itu khusus server mailbox yang datanya besar, untuk server selain mailbox, Alhamdulilah backup terakhirnya cepet. Akhirnya disiapkan skema lain, yaitu proses upgrade LDAP Master langsung dijalankan meskipun backup terakhir mailbox belum selesai.

Proses Upgrade Sistem Zimbra

Proses upgrade dimulai dari LDAP Master hingga selesai, dilanjut ke LDAP replica secara berurutan. Setelah semua server LDAP berhasil di upgrade ke Zimbra 8.8.15, nahh kami berdua pun ada rencana lain, sebelumnya skema upgrade dilakukan secara berurutan, tapi jika seperti itu, akan butuh waktu lama, bisa lebih dari 6 jam, nah supaya cepat, dari sekitar 30 an server tersebut, kami upgrade saja berbarengan/parallel dimulai dari 5 MTA saya yang proses, kemudian 5 MTA lainnya, om Ahmad yang proses. Akhirnya dalam waktu sekitar setengah jam, 13 server sudah berhasil di upgrade. Dilanjut dengan server lainnya, berbarengan juga upgrade nya, sampai semua server berhasil di upgrade. Dan Alhamdulillah sekitar pukul 00.45, semua server Zimbra berhasil di upgrade Zimbra nya menjadi versi 8.8.15 LTS.

Selesai Dengan Lancar

Pasca upgrade, semua testing dilakukan untuk memastikan sistem berjalan lancar setelah upgrade, hingga sekitar pukul 1.30 dini hari, semua proses testing berhasil dilakukan dan lancar semuanya. Dari estimasi waktu 6 jam lebih, bisa kami selesaikan dalam waktu kurang dari 4 jam.

Kami pun akhirnya bisa kembali ke hotel, dan mematahkan pikiran kami sebelumnya, yang mengatakan percuma dipesankan hotel, tapi gabisa dinikmatin. Akhirnya dini hari itu pun bisa kami lewati dengan tidur nyenyak di kamar hotel, bukan di Masjid seperti tahun lalu.

One comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.