Cara Konversi Gambar Menjadi Tulisan Dengan Mudah Menggunakan Android

Posted by

Berawal dari keisengan saya menyalin sebuah teks dari sebuah gambar di internet, teks tersebut lumayan panjang sehingga membutuhkan waktu untuk menyalinnya ke dalam sebuah dokumen, karena lelah harus menyalin teks segitu banyaknya, akhirnya saya coba mencari cara bagaimana agar semua teks yang ada pada gambar tersebut bisa tersalin otomatis tanpa kita harus mengetik ulang teks tersebut.

Ternyata cara tersebut bisa dilakukan dengan menggunakan sebuah aplikasi di smartphone kalian lohhh. Bagi pengguna xiaomi, tidak perlu download aplikasi tambahan lagi, karena sudah ada aplikasi bawaan.

Aplikasi tersebut bernama Scanner. Biasanya ada di kumpulan menu Tools.

Seperti ini tampilan awal aplikasi scanner. Scanner ini bisa untuk scan 2 pilihan, yaitu QR Code dan Document. Karena saya ingin mengambil teks yang ada pada gambar, pilih Document seperti gambar dibawah ini.

Ini saya juga sudah menyiapkan sebuah gambar dengan teks didalamnya.

Pada gambar diatas, kita ingin memfoto sebuah gambar dengan teks didalamnya, nanti akan muncul semacam kotak yang kita bisa tentukan akan scanning dibagian mana. Jika sudah pas, tekan tombol putih yang ada ditengah untuk melakukan scanning.

Nanti hasilnya akan seperti berikut ini.

Pada hasil diatas, kita pilih OCR untuk mengambil teks nya saja. Nanti hasil akhir akan seperti berikut ini.

Kalau dilihat, hasilnya tidak 100% sempurna, paling engga yaa lumayan memudahkan kita daripada harus menyalin dari awal teks tersebut, lebih baik mengedit sedikit saja jika masih terdapat kesalahan dari hasil scanning tersebut.

Untuk hasil scanning teks tersebut, kita bisa copy text tersebut atau mau disimpan di notes.

Mungkin cukup sekian, semoga bermanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*