Beberapa waktu lalu, saya mengecek email server milik salah satu klien yang menggunakan Zimbra Network Edition 9. Ketika sedang mengecek mailbox.log untuk trace masalah yang terjadi, pas dicek timestamp pada log tersebut tidak sesuai dengan timezone WIB, misal waktu saat ini pukul 14:00 WIB, tetapi di file log tercatatnya yaitu pukul 07:00, sehingga cukup membingungkan ketika trace masalah via log.
Hal pertama yang saya lakukan yaitu cek date pada server untuk memastikan konfigurasi timezone, dan dicek timezonenya juga belum sesuai. Akhirnya saya sesuaikan timezone pada date server menggunakan dpkg-reconfigure tzdata kalau Ubuntu. Setelah disesuaikan, cek kembali pada mailbox.log ternyata tidak berpengaruh, timestamp pada mailbox.log masih belum sesuai timezone. Kondisi seperti ini biasanya terjadi karena tidak langsung menyesuaikan timezone server saat awal instalasi Zimbra.
Akhirnya saya coba cari di forum Zimbra, dan ketemu solusinya, yaitu edit file jetty.xml.in dan tambahkan 1 baris script saja. Berikut langkah-langkahnya
Baca Juga : Disable Port Insecure Imap dan Pop3 pada Zimbra
1. Edit file /opt/zimbra/jetty/etc/jetty.xml.in menggunakan user Zimbra
2. Cari tulisan logDateFormat, lalu tambahkan script berikut tepat dibawah baris tersebut
<Set name="logTimeZone">Asia/Bangkok</Set>
3. Jika sudah, disave lalu restart service mailbox
zmmailboxdctl restart
Selanjutnya silakan cek mailbox.log kembali, semestinya timestamp pada log sudah sesuai timezone, sehingga tidak membingungkan lagi
Mungkin cukup sekian, semoga bermanfaat
Rizky Pratama. Tinggal di Bekasi, Jawa Barat. Seorang IT di salah satu perusahaan IT. Pengguna Mac, Linux dan Windows
Selain sebagai penulis di blog ini, saya juga penulis di blog saya yang lain, yaitu https://pratama.biz.id