Tips dan Trick

Mengatasi Error “FATAL: failed to initialize LDAP client com.zimbra.cs.ldap.LdapException: LDAP error: : confidentiality required” Setelah Patch Zimbra

Beberapa waktu lalu, ditemukan sebuah celah keamanan pada email server berbasis Zimbra, yaitu attacker berpotensi mengambil alih server Zimbra dengan cara mengirimkan email berbahaya yang mengandung virus, trojan atau ransomware (malware email). Untuk informasi detailnya bisa dicek pada referensi berikut : https://www.excellent.co.id/product-services/zimbra/informasi-zimbra-celah-keamanan-sistem/

Untuk menutup celah keamanan tersebut, Zimbra telah melakukan mitigasi pada release versi 8.8.15 Patch 23 dan 9.0.0 Patch 16 (https://blog.zimbra.com/2021/06/new-zimbra-patches-9-0-0-patch-16-and-8-8-15-patch-23/). Kemudian Team Excellent pun segera melakukan patch Zimbra untuk menutup celah keamanan tersebut. Setelah dilakukan proses patch, ada salah satu server klien muncul kendala dimana service LDAP dan Mailbox tidak bisa di start dengan pesan error sebagai berikut

$ zmmailboxdctl start
Starting mailboxd...[] INFO: master is down, falling back to replica...
[] FATAL: failed to initialize LDAP client
com.zimbra.cs.ldap.LdapException: LDAP error: : confidentiality required
ExceptionId:main:1627517920706:5bec82d8a0d987f7
Code:ldap.LDAP_ERROR
at com.zimbra.cs.ldap.LdapException.LDAP_ERROR( LdapException.java:90 )
at com.zimbra.cs.ldap.unboundid.UBIDLdapException.mapToLdapException( UBIDLdapException.java:74 )
at com.zimbra.cs.ldap.unboundid.UBIDLdapException.mapToLdapException( UBIDLdapException.java:40 )
at com.zimbra.cs.ldap.unboundid.LdapConnectionPool.createConnPool( LdapConnectionPool.java:117 )

Karena klien tersebut menggunakan Zimbra versi Network Edition, salah satu benefit menggunakan Zimbra versi Network Edition yaitu, jika ada case tertentu yang cukup sulit diatasi, kami bisa tanyakan dan meminta bantuan langsung ke pihak Zimbra melalui remote akses. Dari pihak Zimbra pun akhirnya berhasil menangani case tersebut.

Untuk langkah-langkah eskalasinya, yaitu seperti berikut

Masuk ke user Zimbra

su - zimbra

Lalu ubah value pada attribute berikut

zmlocalconfig -e ldap_starttls_supported=1
zmlocalconfig -e ldap_starttls_required=true
zmlocalconfig -e ldap_common_require_tls=0
zmlocalconfig -e ssl_allow_untrusted_certs=false
zmlocalconfig -e zimbra_require_interprocess_>
Selanjutnya silakan restart service Zimbra
zmcontrol restart

Dan akhirnya service Zimbra dan aktivitas email pun berjalan normal kembali.

Ingin berlangganan atau ingin mengetahui lebih lanjut terkait layanan Excellent Managed Services Mail Server dan Zimbra Network Edition? Silahkan hubungi kami melalui website https://www.excellent.co.id/vps/ atau email sales@excellent.co.id

Share
Published by
Rizky Pratama

Recent Posts

Tips Zimbra : Mengatasi Service Cbpolicyd Starting Failed Setelah Migrasi ke Rocky Linux 8

Beberapa waktu lalu, Excellent mendapatkan project migrasi Zimbra dari versi Open Source Ke Zimbra Network…

1 month ago

Mengatasi Error “no matching host key type found. Their offer: ssh-rsa,ssh-dss” Setelah Upgrade MacOS Ventura Saat Melakukan SSH

Bulan Oktober 2022 lalu, Apple resmi release MacOS terbaru mereka, yaitu MacOS Ventura. Beberapa fitur…

1 year ago

Cara Memindahkan Saham ke Sekuritas Lain

Tidak terasa sudah cukup lama saya tidak update tulisan pada blog ini lagi, akhirnya kali…

2 years ago

Tahun Baru, Markas Baru, Tulisan Baru

Tahun baru 2022 telah tiba, tidak terasa waktu berjalan begitu cepat, banyak cerita dan kenangan…

2 years ago

Mengatasi “Error while performing update: Input/output error (5)” Saat Update Tuxera pada MacOS

Kembali lagi bersama saya, setelah beberapa lama tidak update tulisan pada blog ini :D kali…

2 years ago

Konfigurasi PPTP Client pada Container Docker CLI

PPTP adalah kependekan dari Point-toPoint Tunneling Protocol yang merupakan bahasa yang membuat komputer dapat berkomunikasi…

3 years ago