Tips dan Trick

Memperbaiki Zimbra Network/Zextras Cannot Communicate With the Server

Beberapa hari yang lalu, saya melakukan pekerjaan upgrade Zimbra dari versi Open Source Edition menjadi Network Edition 8.8.15 di salah satu klien. Salah satu keunggulan dari Zimbra Network Edition yaitu adanya menu Zimbra Network yang berisi fitur-fitur Zimbra NE antara lain Backup, Admin Delegation, Mobile Sync, HSM dan Talk seperti tampilan berikut ini.

Saat itu proses upgrade menjadi Zimbra NE berjalan lancar, namun hingga saat nya pengecekan setelah upgrade, ketika akses Zimbra Admin, muncul pop up dengan pesan error “Zextras Error: Cannot communicate with the server”

Setelah dilakukan pengecekan pada log zmmailboxd.out, ditemukan adanya indikasi DOS dari IP yang akses Zimbra Admin tersebut, berikut ini contoh log nya

2019-09-05 09:57:46.025:WARN:oejs.DoSFilter:qtp2044215423-91:https://192.168.8.32:7071/service/admin/soap/BackupQueryRequest: DOS ALERT: Request rejected ip=192.168.70.12, session=null, user=null
2019-09-05 09:57:46.032:WARN:oejs.DoSFilter:qtp2044215423-86:https://192.168.8.32:7071/service/zimlet/com_zextras_zextras/img/dwt.png: DOS ALERT: Request rejected ip=192.168.70.12, session=null, user=null
2019-09-05 09:57:46.055:WARN:oejs.DoSFilter:qtp2044215423-92:https://192.168.8.32:7071/service/admin/soap/GetMailQueueInfoRequest: DOS ALERT: Request rejected ip=192.168.70.12, session=null, user=null

Dari pesan log diatas, IP 192.168.70.12 merupakan IP yang akses Zimbra Admin, kemudian IP 192.168.8.32 merupakan IP server Zimbranya. Kemudian untuk mengatasi permasalahan tersebut, berikut ini langkah-langkahnya :

su - zimbra
zmprov mcf zimbraHttpDosFilterMaxRequestsPerSec 100
zmprov mcf +zimbraMailTrustedIP 127.0.0.1 +zimbraMailTrustedIP 192.168.8.32
zmprov mcf +zimbraHttpThrottleSafeIPs 192.168.70.12
zmmailboxdctl restart

Note : Jika menggunakan skema multi server, command diatas dijalankan pada server mailbox, dan pada command +zimbraMailTrustedIP, silakan masukkan seluruh IP Zimbra proxy

Baca juga : Mengatasi timestamp mailbox.log Zimbra tidak Sesuai TimeZone

Kalau sudah selesai proses restart service mailbox, silakan akses kembali Zimbra Admin dan cek kembali menu Zimbra Network, semestinya sudah tidak muncul kembali pop error yang sebelumnya

Mungkin cukup sekian, semoga bermanfaat

Tambahan, jika rekan-rekan ada yang membutuhkan jasa Implementasi Zimbra, Upgrade Zimbra dan Professional Services Mengenai Zimbra, jangan ragu untuk hubungi kami di https://www.excellent.co.id/kontak/

Share
Published by
Rizky Pratama

Recent Posts

Tips Zimbra : Mengatasi Service Cbpolicyd Starting Failed Setelah Migrasi ke Rocky Linux 8

Beberapa waktu lalu, Excellent mendapatkan project migrasi Zimbra dari versi Open Source Ke Zimbra Network…

1 month ago

Mengatasi Error “no matching host key type found. Their offer: ssh-rsa,ssh-dss” Setelah Upgrade MacOS Ventura Saat Melakukan SSH

Bulan Oktober 2022 lalu, Apple resmi release MacOS terbaru mereka, yaitu MacOS Ventura. Beberapa fitur…

1 year ago

Cara Memindahkan Saham ke Sekuritas Lain

Tidak terasa sudah cukup lama saya tidak update tulisan pada blog ini lagi, akhirnya kali…

2 years ago

Tahun Baru, Markas Baru, Tulisan Baru

Tahun baru 2022 telah tiba, tidak terasa waktu berjalan begitu cepat, banyak cerita dan kenangan…

2 years ago

Mengatasi “Error while performing update: Input/output error (5)” Saat Update Tuxera pada MacOS

Kembali lagi bersama saya, setelah beberapa lama tidak update tulisan pada blog ini :D kali…

2 years ago

Konfigurasi PPTP Client pada Container Docker CLI

PPTP adalah kependekan dari Point-toPoint Tunneling Protocol yang merupakan bahasa yang membuat komputer dapat berkomunikasi…

3 years ago