Beberapa hari yang lalu, saya melakukan pekerjaan upgrade Zimbra dari versi Open Source Edition menjadi Network Edition 8.8.15 di salah satu klien. Salah satu keunggulan dari Zimbra Network Edition yaitu adanya menu Zimbra Network yang berisi fitur-fitur Zimbra NE antara lain Backup, Admin Delegation, Mobile Sync, HSM dan Talk seperti tampilan berikut ini.
Saat itu proses upgrade menjadi Zimbra NE berjalan lancar, namun hingga saat nya pengecekan setelah upgrade, ketika akses Zimbra Admin, muncul pop up dengan pesan error “Zextras Error: Cannot communicate with the server”
Setelah dilakukan pengecekan pada log zmmailboxd.out, ditemukan adanya indikasi DOS dari IP yang akses Zimbra Admin tersebut, berikut ini contoh log nya
2019-09-05 09:57:46.025:WARN:oejs.DoSFilter:qtp2044215423-91:https://192.168.8.32:7071/service/admin/soap/BackupQueryRequest: DOS ALERT: Request rejected ip=192.168.70.12, session=null, user=null 2019-09-05 09:57:46.032:WARN:oejs.DoSFilter:qtp2044215423-86:https://192.168.8.32:7071/service/zimlet/com_zextras_zextras/img/dwt.png: DOS ALERT: Request rejected ip=192.168.70.12, session=null, user=null 2019-09-05 09:57:46.055:WARN:oejs.DoSFilter:qtp2044215423-92:https://192.168.8.32:7071/service/admin/soap/GetMailQueueInfoRequest: DOS ALERT: Request rejected ip=192.168.70.12, session=null, user=null
Dari pesan log diatas, IP 192.168.70.12 merupakan IP yang akses Zimbra Admin, kemudian IP 192.168.8.32 merupakan IP server Zimbranya. Kemudian untuk mengatasi permasalahan tersebut, berikut ini langkah-langkahnya :
su - zimbra zmprov mcf zimbraHttpDosFilterMaxRequestsPerSec 100 zmprov mcf +zimbraMailTrustedIP 127.0.0.1 +zimbraMailTrustedIP 192.168.8.32 zmprov mcf +zimbraHttpThrottleSafeIPs 192.168.70.12 zmmailboxdctl restart
Note : Jika menggunakan skema multi server, command diatas dijalankan pada server mailbox, dan pada command +zimbraMailTrustedIP, silakan masukkan seluruh IP Zimbra proxy
Baca juga : Mengatasi timestamp mailbox.log Zimbra tidak Sesuai TimeZone
Kalau sudah selesai proses restart service mailbox, silakan akses kembali Zimbra Admin dan cek kembali menu Zimbra Network, semestinya sudah tidak muncul kembali pop error yang sebelumnya
Mungkin cukup sekian, semoga bermanfaat
Tambahan, jika rekan-rekan ada yang membutuhkan jasa Implementasi Zimbra, Upgrade Zimbra dan Professional Services Mengenai Zimbra, jangan ragu untuk hubungi kami di https://www.excellent.co.id/kontak/
Rizky Pratama. Tinggal di Bekasi, Jawa Barat. Seorang IT di salah satu perusahaan IT. Pengguna Mac, Linux dan Windows
Selain sebagai penulis di blog ini, saya juga penulis di blog saya yang lain, yaitu https://pratama.biz.id