Saham

Cara Memindahkan Saham ke Sekuritas Lain

Posted by

Tidak terasa sudah cukup lama saya tidak update tulisan pada blog ini lagi, akhirnya kali ini saya mau mencoba sharing kembali, tentang bagaimana cara memindahkan saham yang kita miliki ke sekuritas lain.

Sebelumnya saya memiliki beberapa saham di Indopremier, namun beberapa hari kemarin saya sudah pindahkan semua saham saya ke sekuritas Ajaib. Ada beberapa alasan mengapa saya memindahkan saham saya tersebut. Indopremier, sekuritas pertama yang saya gunakan sejak masuk ke dunia saham, memiliki banyak fitur yang saya akui cukup bagus, namun sering kali aplikasinya yaitu Ipot mengalami error seperti list saham yang tidak terload dengan sempurna, sehingga angka yang muncul suka ngaco, atau ketika mau withdraw, dana saya tidak tampil sehingga saya jadi menunda untuk withdraw, CS nya yang ketika ditanya mengenai masalah diatas, jawabannya hanya menyuruh untuk clear cache dan restart network terus menerus.

Karena hal-hal diatas yang membuat saya memutuskan untuk pindah ke sekuritas lain, yaitu Ajaib, saya tahu Ajaib dari referensi rekan kerja saya, saya disuruh mendaftar dengan link referral rekan kerja saya tersebut, emang bisaan yaa 😀

Ohh iya bagi teman-teman yang mau mulai investasi saham juga di Ajaib, bisa daftar menggunakan referral saya https://referral.ajaib.co.id/iMdK atau kode referral rizk8743464910 hehehe.

Syarat Memindahkan Saham

Sebenarnya cukup mudah untuk memindahkan saham-saham kita, sebelumnya saya coba menanyakan hal tersebut ke sekuritas asal saya via email

Email 1

Lalu berikut jawaban dari support Indopremier nya

Email 2

Jadi kesimpulannya, hanya butuh beberapa syarat saja, yaitu :

  1. Surat kuasa pemindahan saham (bisa dimintakan langsung ke sekuritas asal)
  2. Nama sekuritas tujuan (lengkap dengan kode broker)
  3. Nama pemilik rekening di sekuritas tujuan
  4. Nama saham dan jumlah lembar yang akan dipindahkan
  5. Harga average saham pada portofolio
  6. Materai Rp. 10.000
  7. Fotocopy KTP

Lalu dikirim ke alamat yang disebutkan diatas, biasanya ke alamat kantor sekuritas asal

Jangan lupa juga, pastikan terdapat dana siap pakai pada sekuritas asal, karena pemindahan tersebut butuh biaya OTC sebesar Rp. 22.000/kode saham, misal saya memindahkan saham TLKM, ADRO, SMSM dan CTRA, maka biaya yang dibutuhkan sebesar Rp. 88.000.

Jangan lupa juga standby pada nomor HP/telepon yang didaftarkan, karena nanti akan ada konfirmasi by telepon.

Berapa Lama Waktu yang Dibutuhkan

Untuk proses pemindahan saham, untuk case saya saat itu, butuh 2 hari kerja, karena dokumen yang saya kirim, diterima oleh sekuritas asal yaitu Jum’at pagi, 4 Feb 2022, lalu siangnya saya ditelpon untuk konfirmasi pemindahan, karena Sabtu dan Minggu libur, ketika Senin siang, 7 Feb 2022 saya cek di Ipot, saham saya sudah tidak ada, dan saya cek di Ajaib ternyata saham yang dipindahkan sudah muncul semuanya.

Ya mungkin itulah sedikit sharing dari saya, semoga saya nyaman menggunakan sekuritas Ajaib yang baru ini, mungkin cukup sekian, semoga bermanfaat.

One comment

  1. Cara pindah porfolio melalui KSEI tanpa pihak dari sekuritas asal bagaimana ?

    Yang dihawatirkan investor adalah misal ( sekuritas awal atau asalnya sudah bangkrut ) sudah tidak ada yang pegawai / pihak mengurus di sekuritas asal.
    Contoh broker KS atau
    pihak sekuritas asal sudah kekurangan pegawai untuk mengurus pemindahan seluruh portofolio nasabah / client ke sekuritas yang baru ??

    Terima kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.