Mengatasi Error Hosted Network Couldn’t be Started Pada Windows 10

Posted by

Beberapa hari yang lalu ada teman saya minta bantuan terkait setup jaringan adhoc pada laptop windows yang dimilikinya. Saya arahkanlah untuk melihat tutorialnya pada postingan saya ini >>> Membuat Koneksi AdHoc pada Windows 10

Setelah dicoba, ketika dilakukan start hostednetwork, ada muncul error “The hosted network couldn’t be started”. Lebih detail pesan errornya seperti berikut ini.

Untuk menyelesaikan error tersebut, dari beberapa referensi yang saya dapat, berikut solusinya

1. Pastikan driver wlan laptop anda support untuk hosted network. Bisa di cek dengan perintah

netsh wlan show drivers

2. Jika support, selanjutnya buka Device Manager.

3. Cari device network adapter untuk wireless, kemudian klik kanan dan pilih properties

4. Di tab Power Management, centang di bagian “Allow the computer to run off the device to save power”. Kemudian klik OK.

5. Selanjutnya yaitu enable device “Microsoft Hosted Network Virtual Adapter”, jika tidak ada, klik View dahulu, kemudian centang option Show hidden devices.

6. Enable device “Microsoft Hosted Network Virtual Device”, klik kanan kemudian klik Enable Device. jika sebelumnya statusnya sudah enable, bisa klik Disable dahulu kemudian Enable ulang.

7. Selanjutnya silakan Restart Laptop nya dan setelah hidup, silakan jalankan kembali perintah untuk mengaktifkan hosted networknya.

netsh wlan start hostednetwork

Semestinya status saat ini sudah bisa running untuk hosted networknya dan jaringan adhoc telah terbuat.

Mungkin cukup sekian, semoga bermanfaat.

 

3 comments

    1. Halo mas, pas pengecekan netsh wlan show drivers, nanti di bagian “Hosted Network Supported” itu value nya No, kalau hasilnya itu sudah dipastikan wifi bawaan laptop mas nya tidak bisa di setup adhoc, solusinya bisa ganti wifi card atau pakai external wifi card

  1. halo mas, pas masuk langkah ke5 di laptop saya nggak ada tulisan “Microsoft Hosted Network Virtual Device” gmna mas? ada solusi?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.