Perjalanan ke Surabaya Part 1 – Workshop Docker

Posted by

Jumat, 10 Agustus 2018. Saya berangkat ke Surabaya dari stasiun Senen. Kereta yang saya naiki yaitu kereta Jayabaya. Kereta nya lumayan nyaman untuk sekelas kereta ekonomi.

Perjalanan dari stasiun Senen menuju stasiun Surabaya Gubeng memakan waktu sekitar 11 jam lebih. Berangkat pukul 1 siang sampai Surabaya sekitar pukul 00.35 tengah malam.

Perjalanan ke Surabaya ini merupakan pertama kali bagi saya, jadi yaa menurut saya luar biasa hehehe.

Sesampainya di stasiun Surabaya, saya liat sekeliling, lumayan sepi, hanya ada beberapa mobil yang masih lewat lalu lalang. Saat itu pun saya langsung mencoba memesan grab bike untuk mengantarkan saya ke hotel, karena lokasi hotel dari stasiun kalau di cek via maps, lumayan jauh jika berjalan kaki 😀 ada sekitar 15 menit dan ditambah tengah malam dan sudah sepi, jadi saya main aman saja dulu 😀

Saya coba pesan grab bike, ditunggu-tunggu tidak ada yang ambil orderan saya. Waduhh gimana ini 😀

Untung tiba-tiba ada seorang bapak menawarkan jasa ojek kepada saya, yasudah langsung saya terima saja daripada nunggu ada yang ambil orderan grab saya, lebih baik ambil yang sudah pasti dan singkirkan yang belum pasti :p

Dia menanyakan tujuan saya kemana, saya jawab ke hotel RedDoorz near Gubeng di jalan Jawa. Dia langsung mengiyakan dan langsung OTW.

Selama perjalanan, saya coba ngobrol dengan bapak tersebut. Saya tanya sudah tengah malam kok masih saja ngojek, beliau jawab katanya dirumah banyak kebutuhan yang mesti dipenuhi, ditambah ada anak istri, jadi meskipun sudah tengah malam tetap ngojek untuk mencukupi kebutuhan.

Saya jadi terharu mendengar ceritanya, saya mungkin cuma bisa mendoakan yang terbaik kepada bapak yang menawarkan jasa ojek kepada saya itu.

5 menit perjalanan akhirnya saya sampai juga di hotel, saya langsung check in. Saya dapat kamar di lantai 4. Saya langsung menuju kamar saya dan saya pun langsung istirahat.

Acara WorkShop Docker

Hari Sabtu pagi, saya bangun sekitar pukul setengah 6 dan langsung mandi kemudian sholat subuh. Sembari menikmati udara pagi, saya coba menulis blog ahh, meskipun telat 1 hari karena semestinya dihari Jumat, sedangkan hari Jumat saya masih di perjalanan ke Surabaya.

Sekitar pukul 8 pagi, saya siap-siap berangkat menuju lokasi Workshop Docker, yaitu di Coneco Coworking Space. Saya order grab lagi dari hotel.

Perjalanan memakan waktu sekitar 10 menit dan sampailah di depan lokasi. Karena jadwal registrasi masih lama, saya coba mampir dulu ke sebuah warung makan lesehan. Saya sarapan pagi dulu saat itu. Saya memesan semangkuk soto madura dan teh manis hangat yang menemani pagi saya.

Setelah selesai makan, saya langsung masuk ke Coneco dan segera registrasi. Saya lihat baru ada beberapa orang saja yang hadir. Yaa iyalah, acaranya kan jam 10, registrasi jam setengah 10, namun saya sudah registrasi di jam 9, jadi masih sepi dan penyelenggara juga masih melakukan persiapan, seperti pemasangan audio, infocus dll hehehe.

Saya cari tempat duduk paling depan, dan sudah ada 1 orang peserta di depan yang datang, saya coba berkenalan. (Orangnya di depan paling kanan, didepan baju biru). 😀

Saya lupa namanya namun saya ingat dia masih kuliah dan kuliah nya di Surabaya, di Universitas yang lokasinya di Jl. Arif Rahman Hakim. Saya jadi ingat teman kerja saya di Excellent 😀 namanya sama persis hehehe.

Kami berdua ngobrol-ngobrol sejenak, dia cerita katanya sudah pernah menggunakan Docker namun baru sebatas testing-testing di server development, belum di production. Dia juga cerita katanya dia seorang programmer juga, dan menggunakan Docker untuk lebih memudahkan development aplikasi.

Sekitar jam 10 kurang 5 menit, acara dimulai dan dipandu sama mas Reza Primasatya. Di jam-jam awal para peserta diam termasuk saya, namun ketika sudah masuk konfigurasi secara langsung, seperti menginstall Docker, mendownload image dll, baru para peserta ada yang mulai bertanya.

Pada saat itu, salah seorang koordinator acara, menginformasikan bahwa setiap peserta workshop akan mendapat 1 akun wifi ID Coneco, dan benar saya dapat, namun saya coba-coba kok tidak bisa login. Saya kemudian memanggil salah satu koordinator acara dan menanyakan hal tersebut, kemudian katanya akan diambilkan kembali informasi ID dan password loginnya.

Saya lihat yang lain ternyata banyak mengalami hal yang sama, wifi ID yang diberikan tidak bisa digunakan.

Kemudian koordinator yang saya komplain datang dengan membawa ID dan password wifi ID yang baru. Saya lihat yaampun tulisannya ga jelas, saya lihat tulisannya itu kaya gini :

huruf q namun ditulis seperti angka 9, kemudian angka 9 dan huruf g tidak ada bedanya, jadi kalau disimpulkan, username/ID nya bisa seperti ini :

q99e9, 9gge9, q9geg, qg9e9, q99eg, dlll 😀 saya coba semua kemungkinan itu, tapi ternyata tidak ada yang bisa, koordinatornya pun juga malah bingung sendiri 😀

Yaa sudah lahh saya pakai koneksi dari HP saya sendiri, tohh kuota saya masih banyak :p

Acara terus berjalan, dan sekalian instalasi Docker, download image dll yang membutuhkan koneksi internet yang cukup banyak. Ketika mas Reza mencontohkan mendownload image ubuntu, kemudian diikuti oleh seluruh peserta termasuk saya. Saya cek ternyata koneksi saya lumayan kenceng, malah saya cek orang samping saya, koneksinya lebih cepat punya saya 😀

Masuk jam Ishoma siang, saya dan beberapa kenalan saya bergegas sholat zuhur dahulu di mushola yang disediakan, kemudian dilanjutkan makan siang di warung wulan. Ketika mau makan, ada yang unik yaitu hanya dengan membayar 25 ribu, bisa makan sepuasnya dan ambil lauk sepuasnya 😀 wahh lumayan nihh hehehe.

Ada ayam goreng, orek, bihun, tahu, pangsit dan buah. Namun itu semua tidak saya ambil, saya ambil beberapa saja, saya juga pikir-pikir, ditambah saya sedang tahap diet 😀 :p

Setelah makan siang, acara dilanjut dan ada materi penggunaan cache dengan redis pada Docker. Dicontohkan dimana redis server menggunakan container terisolasi namun bisa digunakan oleh service lain pada container lain juga.

Hari semakin sore dan akhirnya acara workshop pun selesai. Di akhir acara kami semua berfoto ria, dan saya baru sadar diacara tersebut ada 2 cewe dan sepertinya lumayan juga hehehe.. Bisa nihh kalau diajak berkenalan hehehe.

Selesai acara, saya langsung ciao menuju kembali ke hotel untuk bersih-bersih dan istirahat sebentar. Seperti biasa saya menggunakan grab bike untuk mengantarkan saya kembali ke hotel.

Mungkin cukup sekian cerita hari ini, ditunggu kelanjutannya yaa gaess hehehe.